Respons Gaikindo Soal Rencana Kenaikan Harga 5 Persen untuk LCGC

021369900_1471244667-Toyota_Cayla

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah berencana untuk menaikkan harga model low cost green car (LCGC) sebesar 5 persen. Hal tersebut, ditegaskan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Namun, beberapa waktu lalu, Kepala Sub Direktorat Otomotif, Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Ilmatap) Kemenperin Dodiet Prasetya mengungkapkan jika kenaikan harga untuk LCGC itu Rp 5 juta bukan 5 persen.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kemudian menanggapi pernyataan pemerintah terkait rencana kenaikan harga LCGC ini, Disebutkan, pihak asosiasi kendaraan roda empat tersebut, sudah bertemu dengan Kementerian Perindustrian, dalam hal ini Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, terkait kenaikan harga 5 persen untuk model LCGC.

“Kemarin saya menghadap pak menteri, itu kenaikan harga (5 persen) bukan pajak atau apa. Yang namanya LCGC ¬†jadi sudah dipatok harganya tidak boleh lebih dari sekian,” ujar Nangoi, di sela-sela konferensi pers Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), di Plataran Senayan, Jakarta Pusat.

Lanjut Nangoi, kenaikan atau penyesuaian harga 5 persen merupakan batas harga jual dari produk LCGC tersebut. Dan sejatinya, untuk segmen itu juga mengacu kepada peraturan yang sudah ditentukan, yaitu Permenperin Nomor 36 Tahun 2021, kenaikannya Rp 5 juta dengan batas maksimum Rp 6 jutaan.

“Ini kan udah sekian tahun yang lalu (harga LCGC belum naik), air saja naik, mie naik semuanya. Ini sudah megap-megap. Jadi kemarin diskusi dengan kementerian, akhirnya menteri bilang dikasih slot untuk bisa naik harga jualnya,” tegas Nangoi.

Insentif PPnBM

Namun, meskipun mengalami kenaikan harga, masih dikategorikan sebagai LCGC, sehingga tetap dapat insentif PPnBM 3 persen, dan kenaikannya 5 persen.

“Ini 5 persen menurut pak menteri titik. Jangan diadu sama mas Dodiet, itu teman baik saya, Naikan harga diizinkan 5 persen,” pungkas Nangoi.

Sumber : https://www.liputan6.com/