Julian Johan Siap Arungi Asia Cross Country Rally di Thailand pada Agustus 2023

003211000_1677737435-liputan6-jeje-axcr-2023

Liputan6.com, Jakarta – Offroader Tanah Air Julian Johan, telah menyatakan kesiapannya untuk ambil bagian dalam kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang akan diselenggarakan pada Agustus 2023 di Thailand.

Lewat komitmennya tersebut, pria kelahiran 1 Agustus ini akan menambah daftar pereli Indonesia yang kerap mengikuti ajang balap tersebut. Beberapa nama sebelumnya yang pernah mencicipi kerasnya pertarungan tersebut di antaranya Memen Harianto, Rifat Sungkar, dan Kusuma Wijaya.

“Terakhir kali saya mengikuti kejuaraan rally pada 2018 di Malaysia. Setelah itu, sejak 2019, saya ikut membantu Rifat Sungkar untuk menjadi technical advisor di Mitsubishi Xpander Rally Team. Dan pada tahun lalu (2022), saya juga ikut membantu dia di kejuaraan AXCR,” buka pria yang akrab disapa Jeje.

Untuk menaklukan persaingan tersebut, Jeje bersama co-drivernya yakni Recky Resanto telah mempersiapkan amunisi baru yang akan mereka turunkan pada ajang balap tersebut. Dalam penuturannya, putera pertama dari pereli senior Ismail Johan ini telah memilih satu unit Lexus LX570 yang telah dimodifikasi dengan menggunakan ‘wajah’ Land Cruiser 200 bermesinkan V8 Toyota Land Cruiser.

Pemilihan mobil tersebut bukan tanpa alasan, selain ingin tampil beda, Jeje melihat bahwa model yang ia gunakan ini terbilang mobil badak yang siap mengarungi medan berat dalam kompetisi AXCR 2023.

‚ÄúPersiapan mobil sudah 30%, secara tampilan luar tidak banyak yang berubah, muka depan kita ganti punya Land Cruiser. Sementara untuk interior dan faktor keselamatan terdapat beberapa penambahan dan perubahan,” imbuh Jeje.

Bakal Lakoni Testing On Road dan Off Road di Indonesia

Setelah mobil tersebut rampung dikerjakan, Jeje bersama Recky bakal melakoni pengetesan yang terdiri dari on road dan off road. Untuk on road, mereka akan melakukan pengujian stamina dengan menempuh jarak dari Jakarta sampai ke Surabaya (PP).

“Untuk pengetesan off road, mungkin nanti akan dilakukan di Stage Park Sentul (Bogor). Nanti di sana akan melakukan serangkaian pengetesan untuk mobil dan saya pribadi,” jelasnya.

Sementara itu, bicara perihal perubahan jeroan mesin, mobil tersebut akan mendapatkan upgrage tenaga di mana Jeje telah mempersiapkan mesin 6.000cc Natural Aspirated serta dikombinasikan dengan peningkatan di segala sektor mulai dari aspek keselamatan, suspensi, gardan serta beberapa bagian yang terpaksa harus dieliminasi untuk memangkas bobot.

Sumber : https://www.liputan6.com/